serambi indonesia

24/09/2010 06:11

 Thu, Apr 1st 2010, 09:57

Mahasiswa Unsam Demo PN Langsa

* Tuntut Keadilan Kasus Pemerkosaan

 

 Puluihan mahasiswa dari  Front Mahasiswa Peduli Keadilan (FMPK), menggelar aksi unjuk rasa di depan Pengadilan Negeri (PN) Langsa, Rabu (31/3).  Mereka meminta oknum WH yang diduga terlibat kasus pemerkosaan dihukum sesuai hukum yang berlaku. SERAMBI/ZUBIR

LANGSA – Puluhan mahasiswa Universitas Samudera (Unsam) Langsa yang menamakan dirinya Front Mahasiswa Peduli Keadilan (FMPK), Rabu (31/3), menggelar aksi unjuk rasa di Pengadilan Negeri (PN) Langsa. Mereka meminta agar majelis hakim memutuskan perkara dugaan pemerkosaan seorang mahasiswi oleh oknum anggota Wihayatul Hisbah (WH) Langsa dipustuskan seadil-adilnya serta mengembalikan nama baik korban.

Sementara Ketua PN Langsa, Luchman Bachmit SH, didampingi sejumlah bawahannya, yang menerima kedatangan puluhan mahasiswa di depan halaman PN Langsa, berjanji akan menuntaskan kasus tersebut seadil-adilnya, sesuai Undang-undang yang berlaku. Ia juga minta kesabaran semua pihak, termasuk mahasiswa dalam proses pengadilan perkara tersebut.

Amatan Serambi, sekitar pukul 10.00 WIB puluhan mahasiswa dengan mengendarai sejumlah sepeda motor yang mendapat pengawalan oleh Satlantas dan anggota Polres Langsa berpakaian preman, bergerak dari kampus Unsam Langsa, Gampong Meurandeh, Kecamatan Langsa Lama, dan tiba di PN Langsa sekitar pukul 10.30 WIB.

Dalam pernyataan sikapnya yang disampaikan oleh koordinator aksi, Mahyuddin, menyebutkan, kejadian pemerkosaan yang menimpa seorang mahasiswi berinisial NR, pada Jumat (8/1) lalu di markas Satpol-PP dan WH setempat, adalah sebuah perlakuan yang tidak bisa dibenarkan serta tidak bisa dianggap perlakuan biasa. Perbuatan tersebut secara tidak langsung telah mencoreng citra Aceh yang sedang menegakkan syariat Islam.

“Apa lagi perbuatan ini dilakukan oleh penegak hukum Syariat Islam, yang seharusnya bertugas mencegah terjadinya pelanggaran hukum Syariat Islam. Tetapi ini justru mereka sendiri yang melakukan dugaan pemerkosaan tersebut. Dan memalukanyan lagi hal itu dilakukan di markas mereka pula,” teriak Mahyuddin menggunakan pengeras suara.

Sebelum mengakhiri aksinya, FMPK mengelaurkan empat butir pernyataan sikap. Pertama, meminta konsistensi Majelis Hakim PN Langsa dalam mengadili kasus dugaan pemerkosaan tersebut. Kedua, mendesak Majelis Hakim memutuskan perkara tesrebut seadil-adilnya dan berpihak kepada kebenaran serta korban. Ketiga, mendesak pemerintah merehabilitasi nama baik korban, dan terakhir, meminta Majelis Hakim tidak pandang bulu dalam proses pengadilan kasus asusila  tersebut.

Sementara Ketua PN Langsa, Luchman Bachmit SH, didampingi sejumlah bawahannya, yang menerima kedatangan puluhan mahasiswa di depan halaman PN Langsa, berjanji akan menuntaskan kasus tersebut seadil-adilnya, sesuai Undang-undang yang berlaku. Pihaknya juga meminta kesabaran semua pihak, termasuk mahasiswa dalam proses pengadilan perkara dugaan pemerkosaan oleh oknum anggota WH Langsa ini.

Salah seorang mahasiswa yang tergabung dalam aksi unjuk rasa tersebut, Bustami, kepada Serambi, mengatakan, mahasiswa akan coba terus mengawali proses persidangan perkara dugaan perkosaan oknum WH tersebut hingga tuntas. Namun diakuinya untuk mengikuti persidangan pihaknya terkendala karena proses sidang tertutup, menyangkut sidang merupakan kasus asusila.

“Tetapi kita sudah minta kepada pihak Pengadilan, yang langsung kita kooordinasikan dengan Ketua PN Langsa, Luchman Bachmit SH, untuk memberikan izin terhadap berapa orang perwakilan dari mahasiswa untuk dapat mengikuti sidang di dalam ruangan pada setiap saat proses sidang. Namun untuk jawaban apakah dapat disetujui pihak PN, jawabannya masih kita tunggu. Hingga kini, sidang telah sampai pada pemeriksaan saksi,” ujar mahasiswa itu. Setelah merasa puas dengan jawaban Ketua PN Langsa, puluhan mahasiswa berpakaian seragam alamamater biru ini kembali membubarkan diri dan kembali ke kampusnya, sekitar pukul 12.00 WIB.(c42)www.serambinews.com

Search site

 add facebook qu di. MUEZ CHANIAGO BROUNTOQUE

 EMAIL. newgenerationlimit@yahoo.com

 

Samsung Mobile Global We’re re-posting our favorite Fact Checkers episodes for anyone who missed them. Today’s big question: Do super models like Karolina Kurkova require super SPF 125 sunblock when lounging at the beach in their bikinis? It’s one fact that Russell and Dylan definitely want to check in great detail. 

 

 

 
Like

Tags

The list of tags is empty.

Photogallery

BEUTARIE.NET

BEUTARIE.NET

 TARIF BEUTARIE.NET JL. MEDAN BANDA ACEH PEUREULAK. ACEH TIMUR ACEH

sekilas

24/10/2010 05:57

kompas

KISAH VER TERSANGKA TRAFFICKING (1) Germo Cilik Pimpin PSK Cilik Minggu, 10 Oktober 2010 | 15:41 WIB surya Ver   KOMPAS.com — Siapa sangka, Ver (17), germo cilik sekaligus pekerja seks komersial (PSK) yang punya belasan anak buah, ternyata siswi yang pintar. Semasa SD dan SMP...
24/10/2010 03:30

waspada medan

  Istilah Teroris, Fundamentalis Sudutkan Islam Articles | Medan Written by Syafri Harahap on Friday, 22 October 2010 04:19      ...
24/09/2010 06:15

serambinews

 Thu, Sep 9th 2010, 13:43 Mahasiswa Demo Minta Polis Usut Dugaan Suap PT Medco Langsa LANGSA - Puluhan mahasiswa yang menamakan dirinya Front Mahasiswa Langsa (FML), Rabu (8/9) sore, melakukan aksi unjuk rasa menuntut pihak berwajib mengusut tuntas dugaan suap PT Medco kepada beberapa...
24/09/2010 06:11

serambi indonesia

 Thu, Apr 1st 2010, 09:57 Mahasiswa Unsam Demo PN Langsa * Tuntut Keadilan Kasus Pemerkosaan Langsa    Puluihan mahasiswa dari  Front Mahasiswa Peduli Keadilan (FMPK), menggelar aksi unjuk rasa di depan Pengadilan Negeri (PN) Langsa, Rabu (31/3).  Mereka meminta oknum WH...
23/09/2010 13:15

Visitors notice

Let your visitors know about news and events on your website as often as possible. You need to keep your website up-to-date so that your visitors will get used to visiting your pages regularly. You can use RSS feeds to deliver new articles directly to your readers.
23/09/2010 13:14

Website launched

Our new website has been launched today. Tell your visitors why you have started a new presentation and how it benefits them. Mention your goals and project advantages. Try to briefly give your visitors reasons why they should return to your pages.
002