waspada medan

24/10/2010 03:30

 

Istilah Teroris, Fundamentalis Sudutkan Islam
Articles Medan

Written by Syafri Harahap on Friday, 22 October 2010 04:19   

 

 

 

MEDAN (Waspada): Musuhmusuh Islam, kata Ketua Ikatan Dai Indonesia (Ikadi) Sumut Sakira Zandi, cenderung  memelintir katakata yang menyudutkan Islam seperti istilah teroris dan fundamentalis, sebagai agenda propaganda  dalam upaya mengadu domba internal umat Islam.

 


“Padahal yang melakukan teror adalah Barat seperti Amerika Serikat,” tegas Sakira Zandi kepada Waspada di Medan,  Kamis (21/10), sehubungan banyak kasuskasus tindak kejahatan dikaitkan teroris yang identik dengan Islam.


Menurut Sakira, secara terminologi teror berarti tindakan yang menakutnakuti, sehingga menimbulkan ancaman dan  rasa tidak aman bagi masyarakat. Justru, jika dilihat saat ini yang paling banyak melakukan tindakan itu adalah AS  terhadap sejumlah negara Islam di Timur Tengah. AS melakukan teror secara nyata dengan menggunakan teknologi  pembunuh masal canggih menyebabkan ribuan umat Islam yang tak berdosa tewas.


Justru, tegas Sakira, teror jangan diidentikkan dengan Islam, karena yang menganggap seperti itu hanyalah musuhmusuh  Islam. Begitu juga dengan katakata fundamentalis, padahal secara terminologi fundamentalis adalah mereka yang  mengerjakan syariat Islam secara kaffah (menyeluruh). Umat Islam yang melaksanakan syariatnya secara kaffah tak  akan melakukan tindakan teror dalam bentuk apapun juga.


Saat ini ada kecenderungan pihak tertentu selalu mengaitkan peristiwa yang satu dengan yang lain dan  menyandarkannya kepada Islam. Padahal, Islam tidak pernah disampaikan dengan  caracara kekerasan atau dengan  kata lain kitab di tangan kiri dan pedang di tangan kanan. Akan tetapi, Islam disampaikan melalui dakwah yang arif dan  bijaksana.


Islam tidak mengajar teror
Sedangkan Ketua Pusat Kajian Konstitusi (Posko) dan HAM Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sumut Ansari  Yamamah menegaskan, Islam sama sekali tidak pernah mengajarkan teror, begitu juga agama lain di muka bumi ini.  Namun, ada sekelompok orang berpikiran sempit dengan membuat istilah dan mengaitkannya dengan agama Islam.


Mereka,  lanjut Ansari, sengaja mengaitkan itu dengan Islam karena memiliki agenda setting tertentu terhadap umat  Islam, sehingga Islam dan umatnya secara langsung dirugikan. Sementara itu, dalam konteks kekinian persoalan jihad tak  lagi digunakan untuk menyebarkan ajaran agama, tetapi digunakan untuk pengembangan sains dan teknologi dalam  upaya membangun peradaban manusia.


Justru, persoalan katakata teroris memang sengaja dibuat oleh Barat dan dikaitkan dengan Islam. Dalam sejarah, Nabi  Muhammad SAW ketika menyebarkan agama Islam sama sekali tidak pernah melakukannya dengan caracara  kekerasan. Posisi umat Islam adalah defensif (diam) bukan (opensif) menyerang, namun jika diserang umat Islam wajib  membela diri dengan berjihad.


Atasi kemiskinan
Mengadapi persoalan itu, lanjut Ansari, kita berharap pemerintah memberikan kesejahteraan serta mengentaskan  kemiskinan masyarakat. Kemiskinan jangan hanya diartikan  sekedar ketidakmampuan memenuhi kebutuhan  seharihari, akan tetapi lebih dari itu, yakni kemiskinan multidemensi.


Selain itu, pemerintah harus melakukan rasa keadilan termasuk keadilan dalam penegakkan hukum. Pendistribusian  kekayaan daerah harus merata sesuai kapasitas, sehingga tidak ada daerah yang merasa diskriminasi. (m14)

waspadamedan.com

Search site

 add facebook qu di. MUEZ CHANIAGO BROUNTOQUE

 EMAIL. newgenerationlimit@yahoo.com

 

Samsung Mobile Global We’re re-posting our favorite Fact Checkers episodes for anyone who missed them. Today’s big question: Do super models like Karolina Kurkova require super SPF 125 sunblock when lounging at the beach in their bikinis? It’s one fact that Russell and Dylan definitely want to check in great detail. 

 

 

 
Like

Tags

The list of tags is empty.

Photogallery

BEUTARIE.NET

BEUTARIE.NET

 TARIF BEUTARIE.NET JL. MEDAN BANDA ACEH PEUREULAK. ACEH TIMUR ACEH

sekilas

24/10/2010 05:57

kompas

KISAH VER TERSANGKA TRAFFICKING (1) Germo Cilik Pimpin PSK Cilik Minggu, 10 Oktober 2010 | 15:41 WIB surya Ver   KOMPAS.com — Siapa sangka, Ver (17), germo cilik sekaligus pekerja seks komersial (PSK) yang punya belasan anak buah, ternyata siswi yang pintar. Semasa SD dan SMP...
24/10/2010 03:30

waspada medan

  Istilah Teroris, Fundamentalis Sudutkan Islam Articles | Medan Written by Syafri Harahap on Friday, 22 October 2010 04:19      ...
24/09/2010 06:15

serambinews

 Thu, Sep 9th 2010, 13:43 Mahasiswa Demo Minta Polis Usut Dugaan Suap PT Medco Langsa LANGSA - Puluhan mahasiswa yang menamakan dirinya Front Mahasiswa Langsa (FML), Rabu (8/9) sore, melakukan aksi unjuk rasa menuntut pihak berwajib mengusut tuntas dugaan suap PT Medco kepada beberapa...
24/09/2010 06:11

serambi indonesia

 Thu, Apr 1st 2010, 09:57 Mahasiswa Unsam Demo PN Langsa * Tuntut Keadilan Kasus Pemerkosaan Langsa    Puluihan mahasiswa dari  Front Mahasiswa Peduli Keadilan (FMPK), menggelar aksi unjuk rasa di depan Pengadilan Negeri (PN) Langsa, Rabu (31/3).  Mereka meminta oknum WH...
23/09/2010 13:15

Visitors notice

Let your visitors know about news and events on your website as often as possible. You need to keep your website up-to-date so that your visitors will get used to visiting your pages regularly. You can use RSS feeds to deliver new articles directly to your readers.
23/09/2010 13:14

Website launched

Our new website has been launched today. Tell your visitors why you have started a new presentation and how it benefits them. Mention your goals and project advantages. Try to briefly give your visitors reasons why they should return to your pages.
002